Pelatihan Service Excellent
KAMIS, 23 SEPTEMBER 2021
PELATIHAN SERVICE EXCELLENT
OLEH BANK SYARIAH INDONESIA SOLOK
Koto Baru, 23 September 2021. Pengadilan Agama Koto Baru sebagai salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan masyarakat berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan. Salah satu cara dalam rangka peningkatan layanan tersebut adalah dengan melakukan kerja sama dengan BSI (Bank Syariah Indonesia) KCP Solok dengan melaksanakan kegiatan “Pelatihan Service Excellent Berkelanjutan dan Terjadwal”.
Kegiatan yang bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Koto Baru ini dihadiri dan diikuti oleh Ketua, Wakil serta seluruh pegawai Pengadilan Agama Koto Baru. Tepat pukul 14.00 WIB, tim Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Solok A. Dahlan 1 menyampaikan sosialisasi terkait “Teori dan Praktik Service Excellent”. Seluruh pegawai antusias mendengarkan penjelasan pemateri yang terkait dengan tupoksi di pengadilan terutama yang berhadapan langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya jurusita, PTSP, security serta petugas sidang.
Service excellent atau pelayanan prima merupakan suatu layanan terhadap pelanggan dengan standar kualitas yag baik yang bertujuan untuk dapat memenuhi ekspektasi yang mereka inginkan serta membuat pelanggan puas. Pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan pelanggan/masyarakat dituntut untuk fokus kepada masyarakat untuk mendapatkan feedback positif dan masyarakatpun merasa puas. Emosi pribadi ketika berkomunikasi dengan masyarakat harus dikesampingkan. Service excellent merupakan salah satu kunci utama dalam pelayanan. Terdapat 6 (enam) konsep dasar dalam service excellent yang harus diperhatikan yaitu kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (apprearance), perhatian (attention), tindakan (action) serta tanggung jawab (accountability).
Selain itu dilaksanakan pula kegiatan roleplay oleh petugas PTSP dan security terkait cara pemberian service excellent kepada masyarakat dan selanjutnya tim BSI KCP Solok A. Dahlan 1 memberikan masukan terhadap praktik service excellent yang diperagakan petugas PTSP dan security tersebut. Dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah ilmu pegawai khususnya petugas layanan Pengadilan Agama Koto Baru serta menerapkannya dalam rangka menjaga serta meningkatkan kualitas layanan terhadap masyarakat.



